Jakarta

Sejumlah bencana alam mulai dari tanah longsor di Sumedang hingga gempa di Manjene-Mamuju, Sulawesi Barat terjadi pada awal tahun 2021. Rentetan bencana alam ini bukan hanya menghilangkan tempat tinggal, tapi juga merenggut nyawa warga yang terdampak.

Salah satunya yakni gempa bumi berkekuatan M 6,2 yang menghantam kota Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat pada 15 Januari 2021 yang lalu. BNPB melaporkan hingga kini, sebanyak 78 orang meninggal dunia akibat gempa yang berpusat di darat tersebut.

Tak hanya gempa, bencana tanah longsor juga menimpa wilayah Cimanggung, Sumedang pada Sabtu (9/1) yang lalu. Hingga kini tercatat, 32 orang meninggal akibat tanah longsor tersebut.

Kali ini, menyusul bencana lainnya yaitu banjir bandang di Manado, Sulawesi Utara. Tidak hanya banjir, musibah longsor juga sempat terjadi di wilayah Manado. Sejauh ini Basarnas mencatat sebanyak 6 orang meninggal dunia akibat peristiwa tersebut.

Kemudian kejadian banjir bandang juga terjadi di Kalimantan Selatan. Banjir di 10 kabupaten kota Kalimantan Selatan menyebabkan 15 orang meninggal dunia dan hampir 39 ribu warga mengungsi.

Simak selengkapnya data terbaru dampak bencana alam di halaman selanjutnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments