JAKARTA  РKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik tujuh kapolda dalam upacara serah terima jabatan (sertijab) di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/12/2021). Salah satunya yang dilantik adalah Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal yang sebelumnya menjabat Kapolda NTB menggantikan Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang kini menjabat Asops Kapolri.

Sertijab itu berdasarkan surat telegram nomor ST/2568/XII/KEP./2021 tanggal 17 Desember 2021, yang ditandatangani oleh AS SDM Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri.

“Kapolri memimpin sertijab Asops Kapolri dan Kasespim Polri dan beberapa Kapolda Riau, Maluku, NTT dan NTB,” kata Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Rusdi Hartono di Mabes Polri.

Adapun para perwira tinggi Polri yang kebagian mutasi dalam telegram itu, yakni Kapolda Bengkulu Irjen Guntur Setyanto yang dimutasi menjadi Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun. Untuk posisi Kapolda Bengkulu akan ditempati oleh Irjen Agung Wicaksono.

Kemudian, Kapolda Maluku Refdi Andri dimutasi sebagai Pati Sahli Kapolri dalam rangka pensiun. Sebagai penggantinya, Jenderal Sigit menunjuk Irjen Lotharia Latif yang sebelumnya menjabat Kapolda NTT.

Berikutnya untuk posisi Kapolda NTT akan dijabat oleh Irjen Setyo Budiyanto.

Lalu ada Kapolda Kalbar Irjen Remigius Sigid Trihardjanto diangkat sebagai Kadivkum Polri. Dia bertukar posisi dengan Irjen Suryanbodo Asmoro yang akan mengisi Kapolda Kalbar.

Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal dirotasi menjadi Kapolda Riau. Sementara, Agung Setya yang sebelumnya menjadi Kapolda Riau diangkat menjadi Asops Kapolri.

Kemudian Posisi Kapolda NTB akan digantikan oleh Irjen Djoko Poerwanto. Lalu posisi Irjen Imam Sugianto diangkat menjadi Kapolda Kaltim. Sementara Irjen Herry Rudolf Nahak yang sebelumnya menjabat Kapolda Kaltim dirotasi menjadi Kasespim Lemdiklat Polri.

Selain menggelar sertijab, Kapolri juga memimpin upacara kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi atau Korps Raport terhadap 19 perwira tinggi Polri.

“Disamping itu juga Kapolri terima laporan kenaikan pangkat 8 Brigjen menjadi Irjen, ada 11 Kombes menjadi Brigjen,” ujar Rusdi.

Sumber: jawapos.com

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments