Mabes Polri kembali mengaktifkan Operasi Aman Nusa II. Operasi tersebut digelar dalam rangka menghadapi bencana alam di dalam negeri.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono menyebut operasi tersebut merupakan hal yang rutin dilakukan oleh Polri. Memasuki musim penghujan, Rusdi menyebut pihaknya mengantisipasi bencana alam dengan melakukan operasi tersebut.

“Itu adalah suatu hal yang rutin dilakukan ketika menjelang perubahan iklim dari kemarau ke hujan yang cenderung banyak menimbulkan masalah bencana alam seperti longsor dan banjir,” kata Brigjen Rusdi kepada wartawan, Kamis (11/11/2021).

Brigjen Rusdi menyebut operasi ini digelar baik di tingkat Mabes Polri hingga tingkat terkecil di wilayah. Polri sendiri disebutnya sudah mempersiapkan operasi ini jauh-jauh hari.

“Jadi tinggal dilaksanakan. Sekarang sudah mulai antisipasi kalau ada bencana (bergerak) mereka, juga pencegahan mengingatkan mitigasi kepada masyarakat tentang antisipasi bencana itu,” ujar Rusdi.

BACA JUGA: Mutasi Polri: Irjen Dedi Balik ke Humas, Irjen Argo Geser ke Aslog Kapolri

Nantinya jika terjadi bencana, Polri bakal melakukan langsung bergerak salah satunya dengan cara mengevakuasi warga. Polri akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait mengenai penanganan bencana tersebut.

BMKG sudah mengingatkan berapa wilayah antisipasi karena curah hujan tinggi karena fenomena La Nina,” pungkas Rusdi.

Sumber: INDOZONE.ID

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments